Kamis, 14 April 2011

Analisa Senjata Di Counter Strike Condition Zero


Sebelum membahas tentang analisanya, ane minta maap dulu udah lancang bikin tulisan beginian, seakan-akan ane plg hebat dlm hal maen CSCZ, sebenrnya ane kagak hebat, msh copo pula, tapi ini Cuma sekedar info dari temen-temen ane yg pada master semua yg ngajarin ane waktu main CSCZ. Nah di dalam CSCZ  semua senjatanya adalah senjata2 terkenal yg dibuat pada akhir perang dingin sampai periode 2000an awal. Semua senjata dibagi dalam beberapa kategori Pistols, Sub-Machine gun, Rifles, Sniper, Machine Gun. Nah ini nih ulasan dari ane :

1.         Handgun
     Untuk tipe pistol sebenarnya kagak penting2 amat kalo menurut ane pribadi. karena sekali tekan mouse hanya akan mengeluarkan 1 peluru (namanya juga pistol), jadi kita harus beradu cepat dgn lawan dlm hal meng-klik mouse (bikin cape), tapi ada kok  jenis pistol yg sekali klik bisa ngeluarin beberapa peluru, langsung aja ya diliat pembahasan dari ane, di bawah gan :
I.      KM.45 Tactical         : Senjata berpeluru 12 ini memiliki akurasi yg bagus apalagi bisa ditambahkan “silencer” atau peredam, alat ini tidak hanya berfungsi untuk meredam suara tembakan, tapi juga dpt menambah akurasi tembakan, sehingga jarak tdk lagi jadi masalah.
II.      9x19mm sidearms : Senjata yg berisikan 20 peluru ini adalah rivalnya dari KM.45 nya CT, walau tidak memiliki silencer tapi senjata ini memiliki tipe shot yg bisa dirubah menjadi “brust mode” disinilah letak kelebihannya, dlm sekali klik pistol dpt mengeluarkan 3 peluru sekaligus.
III.      Nighthawk.50c         : Senjata ini adalah pistol paling mengerikan yg ada di CSCZ, dengan nama asli Desert Eagle hanya memiliki 9 peluru, Pistol buatan kaum zionis ini memiliki power yg sgt tinggi, meski player dlm keadaan bergerak sambil menembak cukup 3x tembakan (utk 100% life point) musuh langsung terkapar dan manggut-manggut nunggu sampai ronde berakhir. Menurut pengamatan saya banyak yg memuja senjata yahudi ini, padahal karena powernya yg sebegitu besarnya jeda tiap tembakannya menjadi sangat lambat, ini sangat fatal menurut saya, saya sarankan utk pemain bertipe CQC seperti saya jgn menggunakan pistol seperti ini ( sok ngasih saran, pdhl msh copo)
IV.      228 compact   : Berisikan 13 butir peluru senjata ini memiliki cukup power yg dpt diberi nilai tinggi, tapi kalo lagi combat trus musuh main hujan peluru, nah senjata ini otomatis akan susah digunakan karena memiliki akurasi yg rendah apalagi kalo sambil bergerak dan menghidari tembakan musuh.
V.      40 Dual Elites : Ini adalah senjata khasnya T, berisikan 30 peluru dengan 2 pistol sekaligus. Kalo make senjata ini berasa kayak aktor Hollywood yg tembak2an dgn dua pistol, tapi kekuranngannya adalah harganya yg sama dgn harga SMG yaitu $1000, hanya memiliki power yg biasa2 saja, serta akurasi yg buruk, berat, susah dibawa dlm baku tembak, dan yg terakir yg plg fatal nge-reloadnya suer lama amat (soalnya 2 pistol sekaligus). Hedeh

VI.      ES. Five-seven         : Hanya dimilik oleh CT. Berisikan 20 peluru, mempunyai akurasi yg sgt bagus, bisa diandalkan dlm keadaan baku tembak, karena akurasinya yg jempolan, hanya saja powernya lemah. Jadi yg make ni pistol kudu sabar, sebab jika yg lain maksimal 10 peluru musuh bisa dilumpuhkan (kalo sasarannya bagian vital), nah pengguna ini ya harus lebih lah dari 10 tembakan,haha


2.    Shotgun
Untuk artikel ane sebelumnya maap bgt karena ane gak mencantumkan Shotgun sebagai bagian dari pembagian karakter, karena jujur saja ane lupa, disini ane jelasin ya. Shotgun biasanya di pake dlm tipe CQC, walau bertentangan dgn analisa saya yg menyatakan bahwa dlm CQC biasanya menggunakan senjata dgn jeda peluru yg cepat dan akurasi yg jempolan, tapi Shotgun berbeda, karena peluru yg keluar dari solongsong memiliki power yg sgt tinggi, dan musuh yg tertembak seperti tertahan utk mengeluarkan tembakan balasan nah sebelum musuh membalas si Shotgun pun juga sdh selesai terkokang, terus langsung aja di klik, musuh pun dpt dilumpuhkan (dead). Selain alasan itu Shotgun juga tdk cocok digunakan utk baku tembak dgn jarak yg jauh, karena peluru yg diukeluarkan akan menyebar jadi beberapa bagian peuluru yg melayang bebas dan kadang tdk terarah, Karena hanya cocok utk Pertarungan dgn jarak yg dekat, maka shotgunpun dimasukkan ke dlm kategori CQC. Berikut penjelasannya :
I.      Leone 12 Gauge Super   : Berisi 8 peluru, dengan msh menggunakan sistem kokang atau “pum action shotgun” jadi setiap kali menembak, anda harus lagsung meng-cover diri cari dinding atau apalah utk berlindung, karena si shotgun hrs dikokang dulu, kecuali anda tdk dlm keadaan baku tembak dan hanya “one vs one” dgn musuh. Meskipun harus di kokang terus. Shotgun ini punya akurasi yg akurat (mungkin karena dikokang mulu kali yah).
II.      Leone YG1265 Auto                   : Berisi 7 peluru, shotgun ini berbeda dgn saudaranya yg diatas, gak perlu kokang gak perlu ribet, kalo ada musuh lgsung aja di klik, cocok bgt untuk tipe CQC, saya sendiri plg kesal kalo ketemu player yg make beginian.
                                                                                                         


3.    Sub Machine Gun
Berikutnya adalah tentang SMG, senjata jenis ini cenderung mengandalkan akurasi dan freq tembakan daripada power, meski demikian senjata ini mudah dibawa karena ringan dan compatible. Pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan tentang SMG dlm tipe player CQC, jadi kagak perlu ane jelasin lgi yaw, langsung aja baca analisa dari ane, dibawah gan :
I.      Schmidt Machine Pistol  : Atau TMP (bukan tempe ya)  isi magazinenya kalo full ada 30 peluru, dilengkapi dgn silencer, kalo nembak bunyinya cut cut cut cut, adem kedengarannya, freq tembakannya juga tinggi, tapi sayang urusan getarannya ampun susah dikontrol. Mending milih SMG yg lain aja hehe.
II.      Ingram MAC-10        : Bisa dipanggil UZI, magazinenya kalo full ada 30 peluru, kalo yg diatas tadi akurasinya payah, nah yg ini beda, akurasinya jempolan, tapi freq tembakannya maap agak lamban, senjata ini buatan Yahudi Israel (makanya ane males make).
III.      KM Submachine Gun      : Lebih popular dgn MP5, buatan jerman (perusahaan Heckler & Koch). Saudaranya yg dulu MP4 udah dipake di PD II, sekarang udah masuk museum haha. MP5 adalah standar SMG dunia, sampai sekarang tetep jadi pilihan nomer satu. Di jerman dipake SSG, Di Inggris dipake SAS, Di Amrik jd andalannya Navy Seal, dan Kalo di indonesia dipake Kopasus, khususnya untuk Sat-Kopaska (satuan komandan pasukan katak) dan Sat-Gultor (satuan penanggulangan terroris). Magazine 30 peluru, akurasi jempolan, powernya lumayan, freq tembakannya cepat. Pokoknya  oke punya.
IV.      ES C90             : Nama aslinya adalah P90, Keunggulannya ada pda magazinenya yg dpt menampung 50 peluru, freq tembakannya cepat, tapi kalau utk jarak menengah kayaknya agak kurang deh, soalnya getarannya itu lumayan mengganggu, dan mengakibatkan akurasi jadi kurang.
V.      KM UMP45      : Memiliki akurasi yg baik adalah andalannya, bahkan bisa lebih baik dari MP5, tapi sayang isi magazinenya Cuma 25 peluru plus freq tembakannya agak dikit lamban dari yg lain.


4.    Rifle
Ehm..Ehm…wah wah udah ampe ke Rifle nih, wah,, ini baru ane demen bgt. Rifle adalah senjata dasar dalam Combat, Para prajurit biasa umumnya dibekali dengan senjata jenis Rifle, Diciptakan untuk segala jenis Combat, Beda dengan Senjata lainnya Rifle memiliki rata-rata kategori penilaian, terantung dari jenisnya juga, Nah kalau menggunakan rifle, player akan sedikit disibukkan dengan beberapa hal, mulai dari teknik menembak yg harus memainkan telunjuknya rutin, klik bentar, nanti lepas, trus klik lagi, lepas, dan begitulah berikutnya. Jadi beda sama SMG yg klik trus diem aja, ini butuh sedikit sentuhan-sentuhan telunjuk ajaib, (halahh). Usahakan setelah menembakan 3 atau 4 peluru segera lepas telunjuk anda lalu baru di-klik lagi, ini untuk menanggulangi getaran yg dikeluarkan dari senjata. Yoi berikut analisa  buat Rifle2nya, dibawah gan :
I.      Clarion 5.56    : Famas adalah senjata yg cuma ada buat CT, Cuma berisi 25 peluru, dan mempunyai 2 mode “automatic” dan “brust mode” kalo menurut saya berhubung senjata ini akurasinya payah bgt, mending pke brust fire aja, soalnya gak perlu capek2 klik-lepasnya, soalnya dgn mode brust senjata akan mengeluarkan per 3 peluru sekali fire.
II.      IDF Defender  : Nama lainnya Galill. Buat T, menurut saya ini kebalikannya dari Clarion, punya 35 peluru, akurasi jempolan, Cuma powernya aja yg agak kurang dikit. Namun tdk dilengkapi dgn brust mode
III.      CV-47               : Lebih dikenal dgn AK-47 buatan Russia, adalah bukti dari perang dingin antara AS dan US, dibuat dan dirancang oleh pembuat senjata terkenal seantero dunia Mikail Klashinkov, alasan kenapa senjata ini meluas ke seluruh pelosok dunia bahkan sampai ke tangan para terorist karena Russia tidak pandang bulu dlm menjual senjatanya, bahkan senjata adalah komoditi ekspor di negara tsb, Full magazine 30 peluru, power tinggi, akurasi msh bisa di toleransi, dan freq tembakannya juga bagus. Jadi andalan banget buat yg jadi T
IV.      Maverick M4 A1 Carbine : Jawaban dari AS atas kejayaan Klashinkov adalah senjata ini, diproduksi oleh perusahaan ColT, salah satu perusahaan besar dunia dlm hal persenjataan, M4 Carbine adalah revolusi dari M16 Carbine yg dulu dipakai dlm perang Vietnam, namum karena kurang praktis, berat dan terlalu panjang, maka di buatlah M4 carbine, Full magazine 30 peluru, dilengakapi dgn silencer cuttt cuttt cutt (bunyinya hha), masalah akurasi dan freq tembakan kurang lebih aja ama musuhnya di atas.
V.      Bullpup            : Atau Steyr AUG, di negri kita digunakan oleh Densus 88 (tapi Densus juga pake M4 loh), kalo di negrinya si Upin-Ipin ini jadi standart tentara mereka, sedangkan kita msh pake M16 Carabine. Full magazine 30 peluru, dilengkapi dgn semi scope utk memperpendek jarak tembak, Power, Akurasi, dan freq tembakan rata-rata aja.
VI.      Kreig 552         :  Lebih tenar dengan sebutan SG552, Rivalnya dari Bullpup untuk T, Power, akurasi, dan freq tembakan sama aja kayak Bullpup


5.    Sniper Rifle
Sniper adalah istilah yg muncul di era 1770-an, berasal dari nama sebuah burung yaitu “snipe”, termasuk dlm jenis burung yg sulit ditembak, karena itu orang yg dpt menembaknya disebut dgn sniper. Dlm CSCZ pada setiap map biasanya memiliki spot (tempat) khusus utk para sniper. Sebelum menyerang dgn skuad CQC dan Assault, kita bisa minta bantuan teman yg ahli sniper untuk mengintai keadaan melalui teleskopnya, bahkan bisa sekaligus saj melumpukan musuh yg lengah, jika sdh ada laporan –sector clear-, hehe, baru kita serbu tu musuh, hhaa. Untuk tipe sniper juga sdh ane jelasin di postingan sebelumnya, jadi langsung aja ya gan, dibawah :
I.      Schmidt Scout         : Merupakan jenis sniper dgn Bolt Action (kokang), 10 peluru, walau mempunyai power yg lemah, tapi freq sama akurasinya gila, paten punya dah. Apalagi bunyinya, sepi bgt, jadi meski player sekali nambak hasilnya miss, jgn kuatir toh kagak bakalan ketauan player sembunyinya dimana, dan untuk mengantisipasi powernya yg lemah, player harus aiming tepat di kepala. Jarang ada player yg mau make senjata ini, kecuali para master. Ane jujur pernah punya pengalaman di headshot ama yg beginian, gak ada bunyi, gak ada gerakan mencurigakan, tiba2 aja char ane udh tekapar (curhat)
II.      Magnum Sniper Rifle       : Lebih tenar dgn nama AWP, 10 peluru, msh dengan tipe bolt action, tapi powernya itu loh, kayak guntur. Jadi gk harus nembak headshot, biar pake kevlar pun tetep dead. Senjata yg dipuja-puja ini padahal mempunyai kekurangan, jika tembakannya miss, maka otomatis musuh akan mengetahui tempat persembunyian si sniper, dan satu lagi yg paling parah yaitu setelah menembak kokangnya lama, bisa2 ketembak pas lagi ngokang.
III.      Kreig 550 Comando         : Ini adalah tipe senapan automatic yg berisikan 30 peluru, gak perlu kokang, karena otomatis maka cocok utk Sniper dan Assault, power dan freqnya oke untuk ukuran sniper, tapi akurasinya kurang begitu oke menurut saya. Tapi gak begitu masalah soalnya kalau menembaknya miss kan bisa langsung tembak lagi sampe musuh dead. Dalam keadaan baku tembak kita butuh support dari yg kayak beginian. Di indonesia yg beginian dipake sama Densus 88, di CSCZ Cuma untuk CT
IV.      D3/AU               : Beriskan 20 peluru, karakteristiknya sama aja sama musuhnya di atas, karena hanya untuk T.



6.    Machine Guns
Senjata ini bisa dijadikan andalan dlm pertempuran 1 lawan banyak, gak banyak yg bisa ane jelasin tentang senjata ini, langsung aja gan :
I.      M249 PARA     : Berisikan 100 peluru, jadi jika dlm baku tembak waktu musuh lagi sibuk ng reload, langsung aja di hajar semuanya, kasih tau gmana rasanya hujan peluru, power nya oke, freq nya tinggi, namun akurasinya kurang, disebabkan oleh getaran yg ditumbulkan oleh senjata. Nge-reloadnya juga lama.

Jadi kesimpulannya setiap senjata punya kelebihan dan kekurangan masing2, kalo jadi CT ada lebihnya ada kurangnya, begitu pula sebaliknya kalo jadi T. Jadi gak masalah mau CT/T, mau apa pun senjatanya, itu tdk akan mempengaruhi pertarungan, karena pada dasarnya si player jua lah penentunya, untuk itu supaya tidak salah pilih senjata kita perlu tau kriteria senjata dan kemampuan kita, sesuai atau tidak. Semua kembali lagi ke kehebatan si player.
Dan jangan lupa, main boleh serius, boleh adu hebat, adu tak-tik, atau adu kerjasama tim, mau main pake otak, atau pake hati gak masalah. Tapi begitu selesai main, selesai juga semuanya, kalah gak papa, menang juga biasa, toh Cuma game kan.

(oleh Muhammad Ridho Hidayat)





18 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. trims infox, sedikit bxk membantu...

    BalasHapus
  3. Thanks.... for you information

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Ulasannya OK...............tapi jujur ane lebih seneng pake Sniper Rifle....apalagi D3/AU....klw jadi CT ane rela tuker senjata apa aja buat dapetin D3......heheheheh

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. klo senjata andalanq Nighthawk.50c sama KM Submachine Gun..
    byasanya cman pake Nighthawk.50c saja dalam misi~
    lebih enak Handgund klo aq..

    BalasHapus
  8. Salah gan MAC 10 AMA UZI BEDA BRO KALAU MAC-10 ITU BUATAN AMERIKA TAPI KALO UZI BUATAN ISRAEL!!!

    BalasHapus
  9. Game yg gak ada matinya, walu udah lebih 10th, tp tetep msih asyik buat main game ini

    BalasHapus
  10. pake AK-47 yang ngambil dari musuh power sama freqnya gila. tapi lebih enak pake bullpup ane

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah di hapus oleh pengarang

    BalasHapus
  12. Pernah salah beli senjata Scout tp hajar aja. Ternyata asik juga pakenya, asal sambil lari2 dan sembunyi2 krna ringan. Alhasil dapet 2 kill di satu ronde

    BalasHapus
  13. Kalo suka ngendok di pintu2 asik tu hajar musuh pake shotgun

    BalasHapus