Minggu, 03 April 2011

Pembagian Karakter Pemain

Sebelum membahas beberapa strategi, alangkah baiknya kita mengenal lebih dahulu beberapa karakter permainan atau type player yang dibutuhkan utk menjadi pemain hebat seperti ane (mulai dah kagak waras), langsung aja gan dibawah ini:

1. CQC (close quarter combat)
Di indonesia TNI menyebutnya dengan “Pertarungan Jarak Dekat” (PJD), Dalam tipe ini pemain harus memiliki kecepatan, kegesaitan, dan ketepatan menembak. Untuk itu player yg mau menguasai teknik ini harus mempunyai jemari super lincah dan telunjuk kanan dengan kemapuan respon super tinggi. Karena biasanya player akan dihadapkan dengan medan tempur yg berjarak tembak yg sangat dekat, sempit dan sulit menghindar. Dan jika sudah berhadapan langsung dengan musuh hanyalah kecepatan telunjuk dari playerlah yg menentukan siapa yg akan mati. (your late your dead). Umumnya player jenis ini menggunakan Submachine Gun sebagi andalannya, dikarenakan tingkat keringanan senjata, akurasi yg sangat tinggi, serta frekuensi peluru yg cepat Sedangkan untuk optional bisa ditambahkan smoke grenade dan flashbag, tidak diperkenankan He grenade karena jika bertempur dlm rungan efek ledakan akan memenuhi seisi ruangan (sayang life point)

Tipe player seperti ini mutlak diperlukan dalam setiap misi yg berhubungan dengan :hostage, karena dalam CSCZ setiap map yg bermisikan “save the hostage” pasti menempatkan para hostage di dalam ruangan. Nah tipe player inilah yg cocok diturunkan dalam medan seperti itu.

Untuk persenjataaan & perlengkapan yg cocok dengan tipe player CQC adalah sbg berikut:
Senjata: Schmidt Machine Pistol, Ingram Mac-10, K&M Sub-Machine Gun, K&M UMP45, ES C90, namun juga bisa menggunakan beberapa jenis rifle seperti Clarion 5.56, IDF Defender, Maverick M4A1 Carbine, CV-47.


2. ASSAULT (rifleman)
Berbeda dengan CQC, tipe player seperti ini bisa disebut tipe jarak menengah, dalam aksinya tipe ini bertugas meng-cover rekannya yg lain dan menjadi pengalih perhatian musuh, misalnya dalam map millitia, saat pemain CQC akan memasuki rumah yg berisi hostage dan terrorist, maka tugas player ini adalah mengluarkan tembakan cover guna mengalihkan perhatian terrorist yg berjaga2 sehingga pemain CQC dpt memasuki rumah dan melakukan RUSH face to face dengan terrorist. Modal utama pemain seperti ini harus punya akurasi tembakan yg tinggi, juga sering mengeluarkan tembakan panik (namun pada dasarnya pemain harus tetap tenang), berkemampuan menjadi “support” ataupun “frontline”.

Tipe pemain ini jika dalam sepakbola diibaratkan sebagai pemain lapangan tengah, ia bisa bertahan dan turut membantu penyerangan bersama tim CQC. Tipe player seperti ini diperlukan dalam setiap medan tempur. Membutuhkan senjata dengan laras panjang, power yg tinggi, serta akurasi jarak jauh yg baik agar dapat menjangkau musuh yg lumayan jauh, bahkan beberapa senjata dilengkapi dengan “semi” scope. Dan untuk optional bisa ditambahkan He Grenade, smoke grenade dan flashbag.

Untuk persenjataaan & perlengkapan yg cocok dengan tipe player ASSAULT adalah sbg berikut:
Senjata: Clarion 5.56, IDF Defender, Maverick M4A1 Carbine, CV-47, Bullpup, Krieg 552.


3. SNIPER (sharpshoter)
Tipe pemain seperti ini tidak begitu perlu kegesitan dalam bergerak, hanya tangan kanan yg teliti menggerakkan mouse serta jari telunjuk yg selalu siap dlm menembak sasaran yg berada jauh sekali dari pemain. Kunci kesuksesan player ini adalah memilih tempat yg tidak diketahui oleh musuh (stealth), kesabaran yg tinggi (ini yg ane sulit kuasai), tidak gegabah dlm setiap aksinya, ketelitian dlm menembak sasaran, mempunyai motto “one hit one kill”. Karena walaupun sudah memilih tempat yg strategis tapi saat player menembak hasilnya miss, maka musuh akan tahu keberadaan si sniper, itulah sebabnya motto diatas harus benar2 dipegang. Sniper juga bisa menjadi operator lapangan (pengintai) karena melalui scope-nya ia akan memberitahukan kita keadaan medan serta lokasi musuh.

Sniper bisa menjadi perang psikologis yg sangat kentara dalam setiap pertempuran. Karena jika musuh berjatuhan oleh aksi si sniper ini maka otomatis mental pemain musuh yg tersisa pun ikut menjadi “down”. Optonal yg diperlukan hanyalah smoke grenade sebagai pengalih perhatian.

Untuk persenjataaan & perlengkapan yg cocok dengan tipe player SNIPER adalah sbg berikut:
Senjata: Schmidt Scout, Magnum Sniper Rifle, Krieg 550 Commando, D3/AU1, Armalite AR-10


4. GUNNERS (support gun)
Sebutan ane utk pemain tipe ini “mad man” atau perusuh, bayangakan saja pemain dengan senjata ini dapat mengeluarkan 100 peluru sekali menembak, cocok sebagai support gunners, bertugas menghujani musuh dengan peluru dan membasmi masal setiap lawan dihadapan mata, namun kekurangan pemain ini adalah tingkat kegesitan yg rendah, karena ketika menembak fokus hanya kepada rentetan peluru, sulit bergerak karena beratnya senjata yg dibawa. Untuk optional saya persilahkan bawa saja semuanya seperti He Grenade, smoke grenade dan flashbag.

Untuk persenjataaan & perlengkapan yg cocok dengan tipe player GUNNERS adalah sbg berikut:
Senjata: M249 Para.


5. ADDITIONAL SHIELD (chain) need teamwork
Hanya ada utk karakter CT, shield bisa digunakan untuk formasi tipe barisan, berada didepan dengan sield tertutup, untuk melindungi CQC/ASSAULT/GUNNERS yg berlindung dibelakang. Tipe ini hanya bisa menggunakan pistols, dan untuk optional bisa bawa semuanya.

Jika menggunakan tipe formasi barisan, berarti tim lebih memilih tipe permainan lambat dan terkesan hati2. mengutamakan keutuhan tim, keselamatan tiap player, dan tidak melakukan tipe serangan sporadis. Pemain di posisi depan berjalan dengan shiled tertutup, di berisan dua ada CQC yg akan men-fire musuh di depan (kolaborasi dengan shiled yg kemudiam membuka shield lalu menembak dgn pistol), di bagian tengah barisan ada ASSAULT yg menjaga sisi kira dan kanan, sedangkan barisan buntut ada GUNNERS yg meng-aim ke belakang, guna berjaga-jaga musuh menyergap dari belakang.


Namun selain yg ane ungkapkan diatas tadi, banyak juga pemain “ajaib” yg tidak perlu mengenal karakternya sendiri yg mainnya asal-asalan, menembak sporadis, penuh aksi, less strategi dan mengandalkan hujan peluru. Tapi herannya dia malah hebat. Nah tipe pemain seperti itu bukannya tidak boleh, menurut saya semuannya sah-sah saja, karena intinya dari permainan ini adalah dimana kita bisa mendapatkan kesenangan dan menambah teman.

Cuma ini dulu yg bisa ane tulis, berikutnya bisa ane tambahin lagi deh….

(oleh Muhammad Ridho Hidayat)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar